Senin, 09 Mei 2022

Dune: Spice Wars - Ulasan

 


Sudah lama sejak kami mengunjungi dunia Dune dalam permainan strategi waktu nyata – saya pikir iPod pada dasarnya adalah sihir ketika Emperor: Battle for Dune keluar pada tahun 2001 – tetapi bahkan dalam bentuk akses awal, Dune: Spice Wars sedang membentuk kembali kemenangan. Empat faksi berbeda yang semuanya terlibat sedikit berbeda dengan pertempuran, politik, dan eksplorasi yang menarik membuat waktu yang menyenangkan di dunia Arrakis yang indah dan mematikan. Dan yang lebih mengesankan lagi, itu tidak pernah membuat saya merasa perlu menjadi dalang Mentat yang sangat terlatih untuk melacak semuanya.

Spice Wars sedikit lebih RTS tradisional daripada proyek terakhir pengembang Shiro Games, Northgard, yang berbagi banyak elemen dengan game meja penempatan pekerja. Tetapi kembali ke formula lama tidak selalu merupakan hal yang buruk, dan mekanisme sumber daya yang seimbang masih menjadi inti dari segalanya. Entah itu tenaga kerja, pengaruh politik, atau bumbu yang sangat penting, saya tidak pernah jatuh ke dalam kebiasaan di gurun yang berkilauan ini di mana saya merasa sudah cukup segalanya. Spice Wars selalu membuat Anda haus akan sesuatu, yang dapat menyebabkan konflik bahkan dengan sekutu lama jika mereka kebetulan sampai ke ladang rempah-rempah berair yang Anda incar sebelum Anda bisa.

Pertarungan relatif sederhana namun memuaskan. Sampai Anda masuk jauh ke dalam pohon teknologi militer, ukuran pasukan Anda akan terbatas hanya beberapa, yang membuat mikro unit Anda penting dalam pertarungan yang seimbang. Saya menghargai bagaimana ini meningkatkan batas keterampilan secara signifikan tanpa harus khawatir tentang gumpalan tentara raksasa yang tidak dapat dipahami. Dan setiap faksi bertarung dengan cara yang sedikit berbeda, dari legiun Atreides yang relatif mudah mendapatkan bonus karena mengeroyok satu musuh, hingga Fremen yang sulit ditangkap yang dapat menyebabkan banyak kekacauan menyenangkan dengan secara cerdik memanfaatkan regu kecil penyusup tersembunyi. Bahaya tambahan dari Shai Hulud memperkenalkan pertimbangan yang lebih tegang dan menarik untuk setiap pertempuran, terutama di akhir permainan. Mengapa? Karena memiliki sekelompok besar tentara yang memperebutkan area kecil berisiko membuat mereka semua berubah menjadi makanan cacing.

MASTER OF DUNE

Karena perbedaan itu, setiap faksi memiliki cita rasa yang berbeda pada taktik mereka, dengan Harkonnen yang brutal mengandalkan garnisun militer yang kuat untuk memeras produktivitas tambahan dari tenaga kerja mereka, dan kemampuan menguntungkan Fremen untuk mengumpulkan rempah-rempah berharga tanpa pemanen mekanis yang berisik yang cenderung menarik masalah varietas cacing kematian raksasa. Tentu saja, Anda tidak akan pernah bisa benar-benar menghilangkan ancaman cacing, jadi Anda harus belajar untuk hidup bersama mereka. Saya sangat suka bagaimana ini mengingatkan Anda bahwa tidak peduli seberapa kuat Anda, Anda masih harus tunduk pada aturan Arrakis yang tak kenal ampun. Dengan cara ini, planet ini benar-benar menjadi hidup dan menjadi ciri khasnya sendiri, didukung oleh hamparan bukit pasir yang berkilauan di siang hari dan lautan biru yang berkilauan di malam hari yang sepi dan hampir meditatif. Tampilan unit dan bangunan sedikit bergaya kartun, tetapi menyatukan semuanya, itu indah.

Kekerasan khas ini juga bermanifestasi dalam sistem pasokan yang menuntut Anda memasok semua unit militer dengan ketentuan untuk bertahan hidup untuk waktu yang lama di luar wilayah persahabatan. Yang sangat berbahaya adalah gurun yang dalam, membagi peta dengan hamparan yang pada dasarnya tidak dapat dilewati, membunuh apa pun yang mencoba melewatinya dan menciptakan teka-teki taktis yang efektif untuk dipecahkan. Beberapa faksi, terutama Fremen, akhirnya bisa mendapatkan kemampuan untuk melewatinya dengan aman. Tetapi sebagian besar waktu, saya harus memutuskan apakah layak mempertaruhkan seluruh pasukan saya untuk menyerang musuh di tempat yang paling tidak mereka duga – langkah yang berisiko tetapi menggembirakan.

TIDAK CUKUP BERANI UNTUK POLITIK

Sementara semua ini terjadi, strategi tingkat tinggi membara saat masing-masing faksi memperebutkan posisi di senat ruang angkasa yang kejam, Landsraad. Atreides dan Harkonnens adalah anggota pemungutan suara dengan perwakilan resmi, tetapi semua faksi, termasuk Fremen dan Penyelundup yang tidak dikenal, dapat menggunakan sumber daya yang disebut Pengaruh untuk mewakili suap dan kesepakatan ruang belakang untuk mendapatkan apa yang mereka kejar. Kedengarannya rumit, tetapi cara kerjanya sangat mudah diikuti, dengan resolusi seperti meningkatkan pemeliharaan barang-barang tertentu atau memberikan faksi kemampuan untuk mengumpulkan tentara Kekaisaran khusus yang datang ke pemungutan suara secara berkala. Sangat mengesankan bagaimana Spice Wars mampu menggabungkan sistem politik yang cukup dalam ke RTS yang sudah kompleks tanpa terasa membengkak atau membingungkan. Konon, ini adalah salah satu area yang bisa menggunakan balance pass sebelum keluar dari akses awal.

Bukit Pasir: Layar Spice Wars

Dari beberapa permainan Spice Wars yang saya mainkan, yang masing-masing memakan waktu sekitar tiga hingga empat jam untuk diselesaikan, semuanya kecuali satu berakhir ketika House Atreides terpilih sebagai Gubernur Dune. Begitu mereka mencapai gelar ini, hanya masalah mempertahankannya selama beberapa hari sebelum permainan berakhir. Masalah utama yang saya miliki adalah bahwa sepertinya tidak ada cara untuk menghentikan mereka, selain mungkin menghapus mereka dari peta – dan itu hampir tidak mungkin dilakukan dengan cepat, mengingat basis utama setiap faksi memiliki pertahanan yang akan menghancurkan semua kecuali tentara late-game terkuat. Anda harus berharap bahwa jabatan gubernur secara acak muncul untuk pemungutan suara lagi dan mencoba mengambilnya sendiri. Terkadang itu tidak muncul lagi sama sekali – tidak ada cara untuk mempengaruhi ini yang bisa saya temukan.

SAYA MEMATA-MATAI

Sistem spionase adalah di mana kompleksitas mungkin akhirnya mendidih. Menggunakan mata-mata, yang diberi nama karakter yang menghasilkan sumber daya Intel, Anda dapat menjalankan operasi yang berguna mulai dari menghalangi penambahan musuh di suatu wilayah hingga memulai pemberontakan di salah satu pemukiman mereka. Masalahnya adalah bahwa dibutuhkan banyak waktu untuk mengelolanya, dan akhirnya menjadi terlalu banyak hal untuk disulap ketika saya memiliki peperangan, ekonomi, dan politik yang perlu dikhawatirkan. Transaksi curang adalah bagian besar dari dunia Dune, jadi saya tidak ingin sistem ini hilang. Tetapi lebih banyak cara untuk menggunakan Intel saya secara pasif daripada terus-menerus harus menetapkannya ke operasi baru (atau menukarnya sehingga tidak sia-sia) akan lebih baik.

Dan pemberontakan itu juga terasa agak terlalu menghukum. Mengingat topi unit kecil, memiliki seluruh pemukiman di sisi lain peta bangkit saat Anda berada di tengah perang bisa menjadi bencana, bahkan dengan beberapa agen yang ditugaskan untuk kontra-spionase. Milisi lokal yang Anda bangun di pemukiman hanya bertahan melawan kekuatan saingan dan tidak akan angkat jari melawan pemberontak. Jadi itu bisa sangat membuat frustrasi dengan betapa sedikit alat yang ada untuk melawannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

4 Manfaat dan Kegunaan Castrol Oil

Castrol Oil adalah minyak nabati serbaguna yang telah digunakan orang selama ribuan tahun. Itu dibuat dengan mengekstraksi minyak dari biji ...